ADAB DAN AKHLAK PENUNTUT ILMU - Putra Kawah Manuk

Perkuatlah ilmu dengan menulisnya

Home Top Ad

PERKUATLAH ILMU DENGAN MENULISNYA

Friday, November 24, 2017

ADAB DAN AKHLAK PENUNTUT ILMU



Adab merupakan hal yang sangat penting, bahkan Imam ibnul Qayyim mengatakan  bahwa adab merupakan agama secara keseluruhan, artinya adalah adab adab itu mencakup seluruh perkara agama. bahkan dahulu para ulama belajar adab terdahulu, baru setelah itu belajar tentang ilmu.

Rasulullah SAW telah menerangkan tentang islam termasuk di dalamnya masalah adab. Beliau (rasulullah) telah mengajarkan adab dan segala sesuatu dengsan jelas hingga adab buang air pun beliau jelaskan.
Diantara adab yang beliau ajarkan adalah ikhlas dalam menuntut ilmu, ikhlas dalam mengamalkan ilmu, dan ikhlas mengajarkan dan mendakwahkan ilmu. Begitu pula para sahabat dan tabi'in, merekan menasehati agar setiap muslim dan muslimah memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu agar dikaji dipelajari menjadi ilmu yang bermanfaat.

Adab dan akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan. Pemiliknya  sangat dicintaioleh Rasulullah SAW dan akhlak yang baik adalah salah satu penyebab seorang untuk dapat masuk surga. Rasulullah SAW bersabda;
"Innama bu'istu Liutammima syolihal Akhlaaq" "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia" (HR. Al-Bukhori, Ahmad dan Al-Hakim)

*diintisarikan dari kitab Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu karya Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas Hafizhahullah.

No comments:

close