"SYUKURI NIKMAT" - Putra Kawah Manuk

Perkuatlah ilmu dengan menulisnya

Home Top Ad

PERKUATLAH ILMU DENGAN MENULISNYA

Friday, November 24, 2017

"SYUKURI NIKMAT"



Dalam untaian do'a yang mengalir dari kyai, ustadz dan ulama terkemuka, sering kita dapati doa yang didalamnya terdapat pengharapan agar bisa dijadikan sebagai seorang hamba yang senantiasa berdzikir dan bersyukur.
Tak terkecuali teladan kita, Nabi Muhammad SAW pun mengajarkan kepada kita sebuah bait do'a yang begitu istimewa. Sahabat muadz bin Jabbal RA diwasiatkan oleh Nabi untuk senantiasa membaca do'a ini tiap akhir salat;
"Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika" 
"Yaa Allah aku memohon pertolongan-Mu agar Engkau menjadikan aku hamba yang senantiasa berdzikir, bersyukur dan beribadah kepadmu dengan baik" (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh imam Adz Dzahabi)
Do'a yang Nabi perintahkan  untuk dirutinkan tentulah menyimpan banyak isyarat agar dapat kita renungi bersama. Nabi perintahkan kita agar meminta pertolongan Allah agar bisa dimudahkan untuk berdzikir dan bersyukur.

Ya, berdzikir dan bersyukur. Dua ibadah yang memiliki keterkaitan erat sekali. Diantara hikmah mengapa berdzikir dan bersyukur digandengkan dalam do'a ini ialah karena manusia yang paling mudah bersyukur adalah mereka yang paling sering bedzikir. Allah ta'ala berfirman; "Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku" (QS. Al-Baqarah 152)

Sebagian ulama menegaskan, dzikir adalah pintu gerbang Syukur.. Yuk kita amalkan

No comments:

close