TIPS AGAR BATTERY TAHAN LAMA & CARA PEMAKAIAN BATTERY BARU - Putra Kawah Manuk

Perkuatlah ilmu dengan menulisnya

Home Top Ad

PERKUATLAH ILMU DENGAN MENULISNYA

Saturday, April 27, 2019

TIPS AGAR BATTERY TAHAN LAMA & CARA PEMAKAIAN BATTERY BARU



Battery merupakan element penting dari laptop / netbook. Selain itu, kekuatan battery dan daya tahan battery sangat diperlukan jika laptop/netbook akan digunakan dalam jangka lama dengan tanpa menggunakan daya listrik langsung dari stop kontak seperti komputer. Karena akan bahaya sekali jika teman-teman semua menggunakan laptop tanpa menggunakan battery. 


Bahayanya dimana?

Ya bahayanya jika stop kontak kalian longgar, atau saat laptop beroprasi, listrik mati dan lebih tepatnya saat laptop atau netbook teman-teman mati tanpa SHUT DOWN. bahaynya dalam jangka lama, hardisk teman2 lebih mudah cepat rusak. dan lebih parahnya bisa terjadi trouble di Motherboard laptop teman-teman..


Nah, kali ini saya mau berbagi tips agar battery tahan lama & cara pemakaian battery baru.

1. Saat pertama kali membeli laptop, charge battery sekitar 8-10 jam, karena battery yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang/cell baru) sebaiknya di charge terlebih dahulu.

2. Setiap menggunakan laptop akan lebih baik jika TIDAK Charging Battery (di charge terus, meski sudah full), kecuali battery tipe baru yang sudah memiliki Controll Battery artinya "jika full Battery akan stop charging (standby).

3. Jangan melakukan sistem CDC (Charge Discharge)

4. Sebaiknya jika bettery sudah penuh (Full), cabut adaptornya. Setelah kapasitas battery kira-kira kurang lebih 20%, pasang adaptor kembali.

5. Battery jangan sampai KALIBRASI (isi battery sampai habis 100% / power laptop mati) karena banyak efeknya ke battery (Cycle Count).

6. Jangan pernah melepas battery (dalam kondisi laptop on power) karena dapat mengakibatkan terjadinya konsleting (Screen, Motherboard, atau yang lainnya) serta kerusakan pada Hardwere laptop lainnya.

7. 5 menit sebelum pemakaian laptop, akan lebih baik charghing battery terlebih dahulu, dan 5 menit setelah pemakaian laptop (laptop dimatikan) baru cabut adaptor.


8. Saat menggunakan battery (portabel/tanpa charge), sebaiknya hindari (main game, putar DVD/CD, software grafis tinggi).

9. Pastikan suhu kamar (ruangan) tidak terlalu panas, karena suhu yang tinggi dapat berdampak pada penurunan performa battery (cyclecount berkurang).



Nah, itu sebagian Tips agar battery tahan lama dan cara pemakaian battery baru. :D

Semoga bermanfaat, danBatre laptop teman-teman semua awet dan tahan l ama :)

No comments:

close